Bale Raos, Resto ala Kraton Jogja

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat sore, gimana liburanmu kemarin? Long weekend lohh.. jarang-jarang kan.. Nah, di sini aku mau share pengalaman liburanku kemarin berkaitan dengan lokasi kuliner recommended yang aku kunjungi. Harapannya artikel ini bisa jadi informasi bermanfaat untuk kamu. Check this out!

8 Mei 2016, merupakan hari terakhir dari rangkaian liburan panjang (5-8 Mei 2016) bulan ini. Bisa kamu lihat sendiri di kalender, tanggal merahnya cuma tinggal hari Minggu. Sabaarr.. terutama buat kamu yang kudu ketemu hari Senin lagi. Hehe. Kemarin Minggu aku mampir ke Bale Raos, Kraton Jogja.

Bagi yang belum tau tentang Bale Raos, ini merupakan restoran berkonsep tradisional ala Kraton. Untuk gambaran suasananya nanti kamu bisa lihat foto-foto di bawah ini. Lokasi Bale Raos memang berada di dalam lingkungan Kraton Jogja. Mewah tapi nuansa tradisionalnya begitu kental.

view-bale-reos (4)view-bale-reos (3)view-bale-reos (2)view-bale-reos (1)view-bale-reos (6)

Setelah menempuh perjalanan jauh dengan mobil, sempat nyasar, dan melewati jalan-jalan sempit.. akhirnya kami sekeluarga sampai juga di restoran keren ini. Cukup sulit menemukan tempatnya di malam hari, hingga kami bertanya beberapa kali ke orang-orang, meskipun sudah dibantu GPS, tetap saja nyasar.

Tapi perjalanan jauh nan melelahkan itu terbayar sudah setelah kami sampai di Bale Raos. Berbicara tentang menu makanan, saya cukup takjub. Bukan dengan harganya yang premium (wajar sekali untuk restoran sekelas ini), melainkan dengan pemaparan menunya yang unik-unik. Lihat saja ini:

buku-menu-bale-raos (1)buku-menu-bale-raos (6)buku-menu-bale-raos (8)buku-menu-bale-raos (7)buku-menu-bale-raos (5)buku-menu-bale-raos (4)buku-menu-bale-raos (3)buku-menu-bale-raos (2)

Gimana? Unik kan? Dan lebih khasnya lagi disematkan keterangan pada tiap menu yang favorit dan sesuai dengan selera Sultan Hamengku Buwono. Ini menunjukkan bahwa memang restoran Bale Raos dirancang agar sekelas dengan menu-menu yang dihidangkan dalam Kraton Jogja.

Setelah melihat-lihat menu yang cukup membuat kami bingung (karena semuanya tampak lezat), akhirnya kami pun memilih beberapa yang menarik hati (dan perut yang lapar). Tanpa menunggu terlalu lama, sekitar 15 menit, menu pesanan kami pun dihidangkan satu demi satu. Hmmm.. nikmatnyaa!

hidangan-bale-raos (1)hidangan-bale-raos (9)hidangan-bale-raos (7)hidangan-bale-raos (5)hidangan-bale-raos (3)hidangan-bale-raos (2)

hidangan-bale-raos (6)
Rondo Kepomo

Alhamdulillah… makanannya enak-enak. Ada menu yang asing bagi saya, namanya Rondo Kepomo. Ini adalah karamel dengan toping krim (serasa makan permen Alpenlibe), yang termasuk dessert/hidangan penutup. Makanan lainnya pun nikmat, cita rasa Kraton. Penyajiannya rapi, bersih, dan menggugah selera.

Tak sia-sia kami melakukan perjalanan yang cukup sulit dan melelahkan. Lidah kami terpuaskan dengan aneka hidangan di restoran Bale Raos. Buktinya dapat dilihat dari raut di wajah kami sekeluarga. Tampak muka-muka bahagia menghiasi meja nomor 5 ini.

Sekian sharing kuliner saya kali ini. Selamat berkunjung ke resto Bale Raos, Kraton Yogyakarta. Buat kamu yang penasaran dengan restoran ini, silakan meluncur ke alamatnya di Jl. Magangan Kulon No.1, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Salam kuliner! Sampai jumpa di postingan selanjutnya.. Terima kasih šŸ˜€

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

14 pemikiran pada “Bale Raos, Resto ala Kraton Jogja

  1. “Tak sia-sia kami melakukan perjalanan yang cukup sulit dan melelahkan.”
    Apa memang resto ini terletak di puncak gunung atau pulau terpencil ? Mohon jangan terlalu di dramatisir, akan membuat bingung pembaca. Apalagi yang akan bawa anak kecil, jadi ragu mau kesana.

    Suka

    1. Lokasinya mudah dicapai dengan akses yang sangat memungkinkan keluarga yang membawa anak kecil. Silakan mencari lokasinya di Google Maps ya

      Suka

      1. Hanya karena kami belum pernah kesana dan harus muter muter dan masuk ke wilayah yang asing (belum pernah kami jamah), sehingga kami menganggapnya perjalanan melelahkan, apalagi kami memang berasal dari luar kota

        Suka

Tinggalkan komentar