Hari Pertama

(latepost) Minggu, 17 Desember 2017

Ini adalah hari pertamaku membuat catatan di Evernote. Jadi ceritanya kenapa aku bisa instal ini adalah karena saat kajian di Masjid Baitussalam, Karet, Magelang, aku melihat teman kajianku tidak mencatat dengan menggunakan media buku dan pena.

Selama mengaji di sana, belum pernah sekalipun aku lihat dia mencatat dengan buku, melainkan dengan menggunakan media aplikasi android yang bernama One Note, karya Microsoft. Mulanya aku meremehkan itu,”ahh..paling-paling kalo hapenya rusak, ilang tuh semua catatannya..hehe“. Makanya saya tidak tertarik untuk mengikuti caranya.

Akan tetapi, hari berganti hari, bulan berganti bulan.. dia masih saja mencatat dengan One Note nya. Hingga pada pagi hari tadi, saat kajian berlangsung, saya menanyakan padanya jika android miliknya itu rusak, lantas data di One Note apakah akan hilang semua? Dia jawab, tidak. Karena One Note sudah menggunakan sistem login dan daftar dengan alamat email.

Jadi ternyata, yang baru saya sadari adalah ketika sudah daftar dan menjadi member aplikasi One Note, semua data yang pernah kita buat akan tersimpan di database Microsoft. Sehingga ketika smartphone kita hilang atau rusak dan harus diinstal ulang semua aplikasinya, data di One Note tetap ada dan bisa diakses lagi melalui login setelah smartphone normal kembali.

Nah, dari situlah saya baru sadar bahwa mencatat dengan One Note dapat menyimpan dan mengamankan data. Sejauh ini saya hanya menggunakan aplikasi Colornote, yang tidak bisa menyimpan data. Jadi ketika smartphone rusak dan diinstal ulang, maka hilanglah semua data Colornote. Akhirnya timbul rasa penasaran saya untuk menginstal One Note di android. Dari 3 android yang ada, saya memutuskan untuk menginstalnya ke smartphone LG.

Meskipun kapasitas memori internal LG kecil, tapi bisa memberikan kepuasan pada sisi RAM nya. Alhasil kecepatan LG ketika dioperasikan paling cepat dibandingkan SAMSUNG dan Tab EVERCOSS saya. Itulah alasan kenapa saya memilih LG menginstal One Note. Dengan semangat, saya search dan install One Note melalui Google Playstore.

Namun apa boleh buat, karena sedikitnya kapasitas memory harddisk, maka gagal lah saya menginstal aplikasi menarik tersebut. Dan tiba-tiba mata saya tertuju pada aplikasi rekomendasi Evernote, yang mana sekarang sedang saya pergunakan untuk membuat tulisan ini. Alhamdulillah ukuran aplikasinya jauh lebih kecil dari One Note, namun manfaatnya kurang lebih sama.

Persamaan yang paling bermanfaat bagi saya adalah sistem login yang dimiliki kedua aplikasi tersebut. Sehingga ketika smartphone rusak/error, tidak ada resiko kehilangan data yang telah dibuat melalui aplikasi Evernote. Ahh..senang rasanya menemukan aplikasi ini. Rencana saya akan kembali menulis, seperti saat senang-senangnya ngeblog dulu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s