Utamakan Praktek, Bukan Teorinya

Magnifying Glass - Action
Action jauh lebih penting via http://www.mariomanadong.com

Selamat pagi, apa kabarmu hari ini, kawan? Kali ini saya akan menyampaikan informasi luarbiasa terkait pentingnya mengutamakan praktek. Semalam saya disadarkan oleh seorang pebisnis Direct Selling sukses, Chandra Putra Negara, melalui video motivasinya.

Beliau mengajarkan bagaimana seseorang yang ingin berhasil dalam satu bidang.. apapun yang menjadi bidang tersebut, dia harus konsisten untuk praktek. Banyak orang, dan mungkin termasuk saya, yang saat ini lebih peduli dan asyik belajar teori dan kisah sukses orang lain, ketimbang bertindak.

Memang teori itu bagus, tapi sebatas untuk menambah wawasan saja. Menurut Chandra, jauh lebih penting lagi jika kita mempraktekkan apa yang ada di dalam teori itu. Bahkan, tanpa teori pun, selama seseorang mau terus-menerus praktek, dia juga bisa berhasil.

Sebanyak apapun teori yang kita kuasai dalam menjalankan bisnis atau apapun, tak akan ada artinya jika prakteknya hanya sedikit. Sebaliknya, jika prakteknya banyak, suatu saat nanti kita akan sukses juga, meskipun teori yang dikuasai hanya sedikit. Ini penting.

utamakan-prakteknya-bukan-teorinya2
Utamakan untuk praktek via http://www.onlinehawzah.com

Nah, di dalam video SB30 (Success Before 30) yang dibawakan oleh Chandra Putra Negara itu, saya merasa disadarkan. Betapa beruntungnya seseorang jika mau belajar langsung dari praktek-praktek yang telah dia lakukan. Tanpa dimulai dengan teori pun, bisa sukses!

Astaga! Dalam hati saya berkata,”Wah, berarti selama ini aku terbalik dong?” Maksudnya adalah, biasanya aku mendahulukan menguasai teori dulu sebelum melakukan praktek. Itulah penyebab kesuksesan belum datang juga padaku. Aku harus merubah kebiasaan ini.

Lebih banyak teori yang dikuasai ternyata tidak menambah keberanian untuk praktek. Justru hal itu dapat menimbulkan terlalu banyaknya perhitungan. Sementara waktu terus berjalan, banyak kesempatan yang bisa terlewatkan begitu saja. Dan ini masalah serius.

utamakan-prakteknya-bukan-teorinya3
Saatnya bertindak via http://www.creditunionstrategy.com

Mulai hari ini, mari kita niatkan diri untuk merubah pola pikir. Kalo boleh saya katakan, pola pikir sebelumnya harus dibalik. Utamakan mendahulukan melakukan praktek dengan waktu yang tersedia, dibanding belajar teorinya. Supaya keberanian dalam diri kita semakin bertambah, harus action oriented!

Renungan ini, saya harap bisa memberi manfaat buatmu juga kawan, sekaligus mengingatkanku. Bahwasanya jauh lebih penting mengutamakan melakukan praktek daripada belajar teori. Toh, dengan praktek, kita bisa belajar melalui kegagalan-kegagalan yang akan muncul kemudian.

Bismillah… semoga ke depan kita selalu bisa menjadi orang yang lebih baik dan lebih baik lagi. Tak hanya dalam lingkup bisnis, prinsip ini dapat diterapkan pula dalam bidang lain. Bidang apapun itu, selama kita tekun menambah jam terbang, Insyaallah akan sukses.. 🙂

Iklan

4 pemikiran pada “Utamakan Praktek, Bukan Teorinya

    1. Iya..betul banget.. memang idealnya teori iya, praktek iya.. tp kalo nunggu sampai kuasai teorinya, ntar prakteknya gak jadi mulu’..padahal teori/buku itu gak ada habisnya..bakalan muncul terus yang baru setiap bulannya..

      Disukai oleh 1 orang

      1. Iya betul “Learning by Doing” that’s the real best experience in life….tapi yang dapat memicu melakukan Tindakan Nyata ada berbagai faktor dan alasan yang memaksakan anda untuk melakukan Real Action tersebut dan anda sendirilah yang paling tahu kapan saatnya melakukan Action yang Nyata terkait dengan apa yang you ingin lakukan….karena semua tentunya ada skala prioritasnya dalam kehidupan Nyata dari masing-masing orang …ok ya saya juga akan Ikuti Blog anda….Keep your spirit high……salam kenal ya dan thanks untuk mampir di Blogku ya…kita saling sharing pengalaman…ok Cheers

        Suka

        1. Nah itu dia om.. diri ini memang harus dipaksa untuk Action.. biar nggak terlalu santai.. jadi The Power Of Kepepet gitu deh..
          Siap om..trimakasih sudah berkunjung juga.. salam blogging 😀

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s