Keuntungan Memiliki Keahlian

michael-jordan
Banyak keuntungan menjadi ahli via http://www.pagecovers.com

Selamat pagi kawan.. sudah sejak beberapa hari terakhir ini aku ingin membuat artikel tentang keuntungan yang bisa didapat ketika kita memiliki satu keahlian. Dalam berbagai bidang, setiap orang tentu membutuhkan kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Nah, kemampuan yang diasah terus menerus melalui peningkatan jam terbang, lama-kelamaan akan menjadi suatu keahlian. Semakin banyak jam terbang kita dalam menerapkan kemampuan itu, semakin ahli kita. Tentunya kita tak hanya butuh modal kemampuan saja, tapi perlu juga passion.

Bicara tentang keahlian, sebenarnya apa sih manfaat atau keuntungan memilikinya? Kamu bisa memikirkannya lagi nanti. Sekarang akan saya paparkan pandangan tentang keuntungan memiliki keahlian, di antaranya:

1.    Pekerjaan Selesai Lebih Baik
Ketika kita memiliki satu keahlian, alias sudah melalui 10.000 jam action, maka pekerjaan bisa diselesaikan dengan jauh lebih baik. Pekerjaan yang saya maksud adalah yang melibatkan keahlian itu sendiri. Hasil pekerjaan akan lebih memuaskan dibanding tak adanya keahlian.

2.    Mendapatkan Rekomendasi Orang Lain
Keahlian pada diri kita dalam suatu bidang akan membuat kita mudah dikenal. Masyarakat secara word of mouth akan mengenal kita sebagai ahli. Sebagai contoh, ketika seseorang membutuhkan jasa rias, dan kamu ahlinya, akan ada orang lain yang merekomendasikan jasa riasmu. Masyarakat secara mudah melabeli diri kita sebagai seorang ahli merias. Begitu pun dengan bidang lainnya.

3.    Uang Sering Datang Menghampiri
Inilah efek yang akan muncul padamu ketika pekerjaan selesai dengan lebih baik dan mendapatkan rekomendasi dari orang lain. Uang akan semakin sering datang menghampirimu. Dengan memiliki satu keahlian, uang akan sangat mudah mencari dan menemukanmu. Efek yang akan muncul adalah pundi-pundi keuanganmu akan semakin besar melimpah.

david-beckham
Dengan menjadi ahli, uang akan datang via http://www.juranring.co.uk

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki suatu keahlian atau kepakaran di satu bidang. Aktivitas apapun bisa dilatih dengan sangat serius hingga mencapai 10.000 jam. Dalam buku Outliers, karya Malcolm Gladwell, dijelaskan bahwa parameter seseorang bisa dikatakan ahli adalah ketika jam terbangnya sudah mencapai 10.000 jam.

Mulai sekarang kamu bisa merenungkan hal ini untuk kemudian mengambil satu kesimpulan. Selanjutnya lakukanlah action untuk berlatih dan berlatih lagi, terus meningkatkan jam terbangmu. Waktu yang akan menunjukkan padamu betapa pentingnya menjadi ahli/pakar di suatu bidang. Semoga berhasil ya kawan..! 🙂

Iklan