Mau Jadi Ahli?

mau-jadi-ahli

Menulis adalah sebuah hal yang sangat saya sukai sepanjang hari. Entah mengapa saya begitu tergila-gila dengan hal ini. Sebenarnya saat kuliah saya tidak terlalu minat dengan kegiatan menulis. Saya hanya menyukai blogging. Untuk konten blog, saya sekedar mengutip dari buku. Selebihnya, hanya mengotak atik tampilannya hingga menjadi sesuai dengan apa yang saya inginkan.

Kebetulan hobi saya adalah membaca, sudah sejak kuliah sih. Saya membaca apa saja yang topiknya menarik. Mulai dari buku motivasi, buku biografi, buku psikologi, hingga buku pengembangan diri. Dari beberapa buku itu saya menemukan hal yang sangat menarik, yakni tentang kaidah 10.000 jam.

Memiliki keahlian merupakan hal yang sangat menguntungkan. Bayangkan saja, ketika kamu ingin mendapatkan penghasilan dari keahlianmu, bukankah kamu tinggal melakukannya saja? Tidak perlu repot-repot mengundang orang lain dan membayarnya untuk melakukan hal itu. Kamu bisa menyelesaikan sendiri kan?

mau-jadi-ahli2

Enaknya di situ, lebih simpel, lebih controlable. Selain itu, memiliki keahlian juga menguntungkan ketika kamu dipanggil secara tiba-tiba oleh orang lain yang membutuhkan jasamu. Kamu bisa menentukan berapa hargamu per jam. Eits, jangan salah paham dulu loh..haha. Maksud saya berapa harga jasa yang kamu berikan sesuai dengan keahlianmu itu tiap jamnya.

Namun, yang perlu diingat adalah, apa yang perlu kamu lakukan untuk bisa mendapatkan keahlian itu? Tau gak jawabannya? Oke, apa pun itu, izinkan saya memberikan jawaban: Latihan 10.000 jam! Memang kesannya lama sekali sepuluh ribu jam itu, tapi kita perlu ingat, kalau kita menghabiskan waktu 8 jam sehari saja, dan dilakukan selama 4 tahun, maka kita akan melampaui 10.000 jam itu.

Latihan 10.000 jam yang saya sarankan bukan dalam bentuk latihan saja, misalnya penyanyi, bukan sekedar latihan di studio saja, tapi termasuk performnya di panggung, semua itu sudah terhitung sebagai latihan 10.000 jam. Jika bisa konsisten melakukan hal itu sampai 10.000 jam, maka kamu layak dianggap ahli.

mau-jadi-ahli3

Berlatih selama 10.000 jam itu tidak hanya membutuhkan komitmen dan konsistensi saja. Namun perlu juga yang namanya passion. Apa itu? Passion adalah rasa senang yang terus menerus ketika melakukan sesuatu tanpa merasakan bosan meskipun tubuh merasa lelah. Tak pernah bosan meski dilakukan sepanjang hari.

Saya rasa berat jika melakukan latihan tanpa memiliki passion di dalamnya. Yang akan terjadi mungkin adalah menyerah sebelum mencapai 10.000 jam. Maka dari itu, temukan dulu apa passionmu. Temukan sesuatu yang kamu senangi, sesuatu yang tak akan membuatmu bosan meskipun merasa lelah. Tak bosan pula jika kesenangan itu dilakukan sepanjang hari.

Setelah menemukan passion, barulah kamu bisa lakukan itu selama 10.000 jam sampai menjadi ahli. Ilmu kaidah 10.000 jam ini pula yang membuat saya segera mencari passion. Setelah tau bahwa passionku adalah menulis, barulah ku lanjutkan untuk menulis hingga tercapai 10.000 jam itu. Bagaimana denganmu, kawan?

mau-jadi-ahli4

11 pemikiran pada “Mau Jadi Ahli?

    1. Alhamdulillah deh..
      Yups…kalo udah passion gak akan ada beban untuk terus ditekunin sampe sukses…dan kalo bisa sukses di bidang yg sesuai dgn passion mungkin serasa dunia milik sendiri kali ya… hehe

      Disukai oleh 1 orang

        1. Aku kira bisa mbak.. pikiran seseorang bisa berubah. Semula yang dia kira akan terus menjadi passionnya, ternyata ada yang lebih menarik hatinya. Passion itu pilihan mbak, bukan takdir. Ku rasa begitu…

          Suka

Tinggalkan Balasan

