Travel Blogger. Kamu Berminat?

travel-blogger

Beberapa waktu lalu saya menonton acara di televisi yang menayangkan tentang serunya menjadi Travel Blogger. Apa sih itu? Yuk disimak. Travel blogger merupakan satu profesi blogging yang postingannya bertema traveling. Aktivitasnya tentu saja menuangkan pengalaman travelingnya menelusuri berbagai lokasi seru ke dalam bentuk artikel blog.

Kini travel blogger termasuk pekerjaan yang cukup populer dan menarik di kalangan masyarakat pecinta traveling. Beberapa tahun yang lalu sepertinya pekerjaan ini kurang dilirik oleh orang. Bahkan di antara travel blogger pun ada yang mengaku dulu tujuan mereka menulis kisah perjalanan/traveling pribadinya itu hanya sekedar berbagi.

Mereka menginginkan perjalanan serunya terdokumentasi dengan baik. Cara mengabadikan kisah travelingnya adalah membuat artikel (lengkap dengan foto) di blognya. Artikel itu dibuat sesuai kisah perjalanannya mengunjungi berbagai lokasi. Setelah beberapa artikel berhasil ditulis, ternyata pengunjung blognya cukup banyak.

travel-blogger1

Semakin tulisannya ditambah, semakin bertambah pula pembacanya. Ketika pengunjung blognya semakin banyak, para pengiklan bermunculan untuk menawarkan kerjasama. Bentuk kerjasama itu bisa berupa tawaran melakukan perjalanan traveling gratis ke suatu tempat dan menuliskan hasil pengalamannya untuk kepentingan komersial sponsor. Bisa juga dalam bentuk product review yang dipostingkan ke blognya.

Dari para pengiklan itulah pundi-pundi uang para travel blogger bertambah. Akhirnya hingga saat ini kebiasaan sang traveler untuk menuliskan hasil perjalanannya ke dalam blog masih terus dilakukan, karena dia telah menjadi seorang travel blogger. Mungkin banyak yang bertanya darimana awalnya uang traveling mereka berasal? Relatif.

Tergantung isi kantong awal mereka sebelum berprofesi sebagai travel blogger. Ada yang memang punya banyak tabungan yang dengan mudahnya bisa menjalankan hobi traveling. Ada juga yang awalnya sudah memiliki pekerjaan tetap sehingga mampu membiayai kegiatan traveling mereka. Bisa juga yang modal travelingnya dari orang tua.

Girl with laptop computer on the beach.

Selain review produk dan artikel traveling permintaan pengiklan, apakah ada cara lain untuk me-monetize blognya? Ada! Melalui iklan banner. Seperti para blogger pada umumnya, mereka mendapatkan penghasilan dari penyewaan space iklan pada halaman blognya. Harga space iklan berbeda-beda tergantung posisi pemasangan iklan.

Ngomong-ngomong soal iklan. Ada salah satu perusahaan penyedia program periklanan. Yang paling populer adalah Google Adsense (GA). Cara kerja dari sistem GA adalah ketika iklan yang dipasang di blog itu diklik oleh pengunjung, maka si blogger mendapatkan komisi dan dibayar oleh Google dalam bentuk dollar. Jika ingin tau lebih mendalam, silakan googling. Banyak kok yang membahas secara gamblang tentang Google Adsense.

Untuk mendapatkan probabilitas klik iklan yang tinggi, maka pengunjung blognya pun harus banyak dan konsisten setiap hari. Banyak blogger yang berhasil mendapatkan penghasilan besar dari Google Adsense. Sungguh dunia blogging itu menyenangkan. Kembali ke konteks travel blogger. Selain cara-cara yang telah saya sebutkan di atas, ada satu lagi cara me-monetize kisah traveling para blogger ini. Yakni dengan membuat buku.

travel-blogger4

Salah satu contoh sukses blogger yang telah membukukan kisah travelingnya adalah Trinity (nama pena). Melalui profesinya ini, dia bisa membuat 11 buku traveling, dengan judul yang sangat populer selama beberapa tahun belakangan, yakni Naked Traveller. Sangatlah mudah mencari informasi lengkapnya di Google, mengenai kisah hidup, karya-karya, dan prestasinya dalam dunia travel blogging.

Trinity berhasil menjadikan profesi travel blogger sebagai pekerjaan menjanjikan. Awal mula ia menjadi travel blogger adalah kecintaan pada hobi traveling. Kemudian terlintas dibenaknya untuk mengabadikan setiap kisah perjalanannya dengan cara membuat artikel-artikel hasil travelingnya ke dalam sebuah blog yang bernama Naked Traveler.

Blog inilah cikal bakal dari terbitnya 11 buku Naked Traveler yang sangat populer. Bisa dibayangkan berapa penghasilan travel blogger sukses seperti Trinity. Yang penghasilannya didapat dari royalti buku, sponsor perjalanan traveling, menjadi pembicara, dan space iklan yang disewakan di blognya. Betapa menariknya profesi ini!

travel-blogger3

Semoga kisah hidup Trinity di atas sudah cukup menginspirasi teman pembaca sekalian, serta bisa membuka paradigma kita semua tentang menariknya profesi ini. Bagaimana teman pembaca sekalian, apakah kamu berminat untuk mengikuti jejak Trinity sebagai seorang travel blogger? Aku tunggu karya-karyamu, kawan.. Sampai jumpa… 🙂

Iklan

Satu pemikiran pada “Travel Blogger. Kamu Berminat?

  1. Menarik sekali info nya… apakah sudah ada travel blogger yang menuliskan kisah wisata nya ke Pulau harapan di kepulauan seribu lalu di tuliskan di blog mereka..
    Jika berminat, kami siap memandu anda berwisata ke pulau harapan.
    – tourpulauharapan.com –

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s