Depot Es Semanggi (Magelang)

es-semanggi

Pagi ini saya mampir ke warung es langganan di Magelang bersama 2 orang kawan. Namanya Depot Es Semanggi. Kelihatannya istilah Semanggi sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dan kenyataannya memang seperti itu karena Semanggi merupakan nama salah satu kawasan di Jakarta.

Sampai sekarang saya belum memahami asal usul pemberian nama Semanggi pada minuman es menyegarkan yang sering dibicarakan di internet ini. Dugaan saya, asal usul nama ini adalah karena pada zaman dahulu kala, es ini dibuat di Semanggi. Namun setelah browsing di internet, saya menyadari ternyata dugaan itu salah.

Meskipun asal usul sebenarnya belum terungkap, setidaknya saya jadi tahu bahwa Depot Es Semanggi ini berdiri sekitar 60 tahun yang lalu. Resep yang ada saat ini merupakan resep turun temurun yang bertahan sejak awal berdirinya depot. Selain itu, semanggi juga merupakan nama salah satu jenis daun.

Bahasa inggris dari Daun Semanggi adalah Clover Leaf. Saya jadi teringat istilah dalam game Let’s Get Rich, yakni clover. Meskipun sebenarnya saya belum pernah memainkan game tersebut sekalipun. Mungkin saja benar daun itu adalah inspirasi sang pendiri Depot Es Semanggi. Terlepas dari asal mula nama Depot Es Semanggi, saya kembali menunjukkan rasa kagum pada kelezatan dan kesegaran es ini.

Tak dipungkiri, ternyata banyak yang sudah membahas tentangnya di internet. Meski pun tidak ada yang membahas asal usulnya. Jujur saja, saya jadi merasa bangga berasal dari kota Magelang karena kepopuleran es Semanggi. Buat kamu yang lagi nyari minuman segar di kota Sejuta Bunga ini, sangat disarankan mencoba berbagai sajian.

Antara lain es pleret cokelat, es susu pleret, dan soda gembira dalam depot tersebut. Bagi yang suka kelapa muda dan tape, depot satu ini pun menyediakan. Selamat memilih menu sesuai seleramu. Selamat mencoba dan menikmati! Selamat menelusuri kuliner Magelang!

Tinggalkan Balasan

